TIPS

MEREDAM AMARAH

Marah dan emosi adalah tabiat manusia. Islam tidak melarang kita untuk  marah,  asal dapat mengendalikannya sehingga tidak sampai menimbulkan efek negatif.

Dalam riwayat Abu Said al-Khudri Rasulullah saw bersabda:

“Sebaik-baik orang adalah yang tidak mudah marah dan cepat meridlai, sedangkan seburuk-buruk orang adalah yang cepat marah dan lambat meridlai”. (H.R. Ahmad).  Dalam riwayat Abu Hurairah dikatakan Orang yang kuat tidaklah yang kuat dalam bergulat, namun mereka yang bisa mengendalikan dirinya ketika marah (H.R. Malik). 

Menahan marah bukan pekerjaan gampang dan tidak semua orang bisa melakukannya. Ketika ada orang yang memancing emosi kita, barangkali darah kita langsung naik ke ubun-ubun, tangan sudah gemetar mau memukul, sumpah serapah sudah berada di ujung lidah tinggal menumpahkan saja, tapi jika saat itu kita mampu menahannya, maka bersyukurlah, karena kita termasuk orang yang kuat.

Berikut beberapa tips  meredam atau mengendalikan kemarahan:

1. Membaca Ta’awwudz.

Rasulullah bersabda:  Ada kalimat kalau diucapkan niscaya akan hilang kemarahan seseorang, yaitu A’uudzu billah mina-syaithaani-r-rajiim Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk (H.R. Bukhari Muslim).

2. Berwudlu.

 Rasulullah bersabda:  Kemarahan itu itu dari syetan, sedangkan syetan tercipta dari api, api hanya bisa padam dengan air, maka kalau kalian marah berwudlulah (H.R. Abud Dawud).  

3. Duduk.

 

Dalam sebuah hadist dikatakan: Kalau kalian marah maka duduklah, kalau tidak hilang juga maka bertiduranlah (H.R. Abu Dawud).

4. Diam.

Dalam sebuah hadist dikatakan Ajarilah (orang lain), mudahkanlah, jangan mempersulit masalah, kalau kalian marah maka diamlah (H.R. Ahmad).  

5. Bersujud

Artinya shalat sunnah mininal dua rakaat. Dalam sebuah hadist dikatakan:  Ketahuilah, sesungguhnya marah itu bara api dalam hati manusia. Tidaklah engkau melihat merahnya kedua matanya dan tegangnya urat darah di lehernya? Maka barangsiapa yang mendapatkan hal itu, maka hendaklah ia menempelkan pipinya dengan tanah (sujud). (H.R. Tirmidzi) . Bila anda benar-benar mengikuti cara-cara di atas Insya Allah kemarahan yang sedang mengepul di dalam hati sedikit demi sedikit akan berubaha menjadi butiran-butiran salju yang membasahi dinding hati anda.  Amin. *Perpustakaan Islam/marni

—–

BAGAIMANA MENULIS CV atau Curriculum Vitae…?

Curriculum Vitae (CV) atau lebih dikenal dengan nama Daftar Riwayat Hidup tidak sama antara satu negara dengan negara lainnya. Bahkan setiap orang pun menulisnya dalam bentuk yang berbeda pula.
Hal ini karena dipengaruhi oleh budaya, kebiasaan, pandangan politik, juga aturan main yang berbeda-beda.

Sebagai contoh, untuk resume standar di Amerika Serikat (USA) tidak perlu mencantumkan hal-hal yang dianggap sangat pribadi seperti foto, status perkawinan, tempat dan tanggal lahir.

Sedangkan di Indonesia justru sebaliknya, dalam membuat CV atau Daftar Riwayat Hidup, justru wajib mencantumkan status perkawinan, tempat dan tanggal lahir, serta melampirkan foto.

Beberapa hal yang hendaknya diperhatikan dalam membuat Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup di Indonesia, baik untuk perusahaan/lembaga lokal, nasional, maupun internasional:

1. Identitas (Data Pribadi)

Cantumkan identitas anda dengan jelas, seperti : Nama Lengkap, Jenis Kelamin, Tempat dan Tanggal Lahir, Kewarganegaraan, Agama, Status Perkawinan, Tinggi dan Berat Badan, Alamat Lengkap, Telepon & HP, serta e-mail jika ada. Namun saat sekarang ini sudah selayaknya anda memiliki alamat email di beberapa situs seperti http://www.gmail.com, http://www.yahoo.com, http://www.plasa.com atau situs lainnya.

2. Pendidikan

Cantumkan pendidikan formal dan pelatihan/kursus yang pernah anda ikuti; lengkap dengan tahun masuk dan tahun lulus, jurusan, jenjang studi, dan nama lembaganya. Urutannya dimulai dari pendidikan formal terlebih dulu, baru kemudian pendidikan non formal (pelatihan, kursus, dsb).

3. Kemampuan

Uraikan secara singkat kemampuan anda yang relevan dengan bidang pekerjaan yang dilamar. Misalkan anda melamar kerja di bidang akuntansi, maka jelaskan secara singkat bahwa anda memahami akuntansi dan administrasi, sistem perpajakan, biasa bekerja menggunakan komputer, dsb-nya. Tentu saja kemampuan-kemampuan yang anda tulis/cantumkan tersebut harus benar-benar anda miliki. Jangan mencantumkan kemampuan yang tidak anda miliki.

4. Pengalaman kerja

Cantumkan deskripsi singkat tentang pekerjaan anda pada perusahaan sebelumnya, lengkap dengan pangkat, jabatannya, jenis pekerjaan, prestasi (bila ada), tanggung jawab dan wewenang pekerjaan. Serta periode kerja, yaitu bulan dan tahun mulai menempati dan mengakhiri posisi tersebut.
Urutannya dimulai dari pekerjaan (atau jabatan atau posisi) terakhir.

5. Pengalaman Organisasi (bila ada)

Cantumkan pengalaman organisasi yang relevan (sesuai atau berhubungan) dengan jenis pekerjaan yang anda lamar tersebut. Bila tidak ada yang relevan, lewati saja nomor 5 ini.

6. Referensi Kerja (bila ada)

Bila memungkinkan, cantumkan referensi, yaitu orang yang bisa dihubungi oleh pihak penyeleksi lamaran kerja untuk menanyakan hal-hal penting seputar diri anda (biasanya nama atasan dimana anda bekerja sebelumnya).

Penting : Dalam hal pencantuman nama orang yang akan dijadikan referensi, anda harus sangat yakin bahwa orang tersebut benar-benar mengetahui tentang anda serta akan memberikan informasi positif mengenai diri anda. Seandainya anda ragu-ragu bahwa orang tersebut akan memberikan informasi positif tentang anda, maka anda tidak perlu mencantumkan referensi kerja tersebut (lewati saja yang nomor 6 ini).

7. Pengalaman penunjang (bila ada)

Cantumkan pengalaman lain yang menunjang “promosi anda”. Dan sebaiknya yang relevan dengan jenis pekerjaan yang anda lamar tersebut. Jika anda melamar untuk posisi pemrogram komputer, maka pengalaman anda sebagai Ketua RW atau juara bulutangkis, tentunya tidak relevan. Jadi bila tidak ada yang relevan, lewati saja nomor 7 ini.

B. Kertas, Huruf, Foto, Dokumen Pendukung

1. Gunakan kertas putih polos

CV hendaknya polos tidak menggunakan background image (dasar bergambar). Sebaiknya jangan menggunakan form CV yang dijual di toko-toko.

2. Diketik dengan huruf standar surat resmi

CV jangan ditulis tangan, namun diketik. Gunakan huruf dengan ukuran dan jenis standar (warna hitam), contohnya font jenis Arial atau Times New Roman.

3. Foto terbaru

Lampirkan pas foto terbaru ukuran 3×4 atau 4×6. Sebaiknya gunakan pas foto berwarna, dan berpakaian resmi (misalkan jas lengkap dengan dasi).

4. Dokumen pendukung

Lampirkan dokumen atau bukti-bukti tentang hal-hal yang dituliskan dalam CV (resume), seperti ijazah, transkrip nilai, sertifikat atau penghargaan, dsb (dokumen pendukung tersebut dalam bentuk photocopy).
Agar dokumen pendukung yang dilampirkan tidak terlalu banyak, sebaiknya anda menyeleksi/menyortir dokumen mana yang paling penting dan relevan untuk dilampirkan.

Penting : Bila transkrip nilai anda tidak bagus, maka anda tidak perlu melampirkannya. Karena CV atau resume tersebut merupakan promosi diri anda. Namun, seandainya perusahaan penerima kerja meminta/mensyaratkan untuk melampirkan transkrip nilai, barulah anda “terpaksa” melampirkannya.
Sebaliknya jika transkrip nilainya bagus, anda justru harus melampirkannya.

Beberapa Hal Yang Patut Diingat…!

1. Jujur, Jangan Berbohong

Ingat, jangan sekali-kali menuliskan pada CV anda suatu pengalaman yang anda sendiri tidak mengalaminya. Memang seseorang terkadang merasa gengsi dengan pengalaman yang dia miliki, karena merasa kalah pengalaman. Percayalah pada diri anda sendiri bahwa anda mempunyai kelebihan yang orang lain tidak punya.

2. Jumlah Halaman

Pada umumnya CV hanya terdiri dari 1 (satu) atau 2 (dua) halaman. Namun jika memang riwayat pekerjaan/karir anda sangat banyak, juga pendidikan/kursus/pelatihan anda sangat banyak. Dan anda menganggap bahwa itu penting untuk ditampilkan, maka anda boleh menambahkannya menjadi 3 (tiga) halaman CV sebagai lampiran Surat Lamaran Kerja, tidak masalah.
Tetapi khusus untuk Surat Lamaran Kerja, tetap upayakan 1 (satu) halaman.

3. Tata Bahasa, Tanda Baca, dan Ejaan

Tidaklah dibenarkan jika dalam resume terjadi kesalahan-kesalahan menyangkut tata bahasa, tanda baca, dan ejaan. Bacalah kembali tata bahasa di buku atau Kamus Bahasa Indonesia.
Jika anda menulis CV dalam Bahasa Inggris, dan anda belum yakin, maka cobalah minta dicek kembali atau di-review oleh teman/kerabat yang menguasai Bahasa Inggris tersebut.

4. Eksplisit (Gamblang, Jelas)

Jangan membuat orang yang membaca CV atau resume anda mengintepretasikan atau mengartikan hal yang berbeda.
Contoh sederhana : Di CV pada bagian pendidikan, anda menuliskan Sarjana Akuntansi Universitas Pancasila, dan tidak menambahkan nama kota lokasinya. Jangan berasumsi bahwa pembaca pasti tahu Universitas Pancasila itu ada di Jakarta. Oleh karena itu tambahkan nama kota dibelakangnya, misalkan Sarjana Akuntansi Universitas Pancasila – Jakarta.

5. Mudah Dibaca dan Mudah Dicerna

CV yang dibuat secara kacau-balau menggambarkan pikiran yang tidak jernih dan ketidakmampuan penulis dalam menuangkan isi hatinya. Oleh karena itu sangat penting membuat CV yang mudah dibaca, mudah dicerna, urutannya jelas, dan logis.
Bila perlu bagian-bagian atau kata-kata yang anda anggap sangat penting untuk ditonjolkan, dapat ditulis dengan huruf tebal (bold). Namun jangan terlalu banyak bagian yang ditebalkan, sehingga tidak terlihat lagi bagian yang sangat penting tersebut.

Jangan Katakan Saat Interview:

1.Saya sedang butuh uang
Meski alasan itu tepat dan sesuai dengan kondisi anda yang sedang mencari pekerjaan.
2.Atasan saya “Brengsek” dan “Kurang ajar”
Meski anda mengalami kekecewaan saat menjadi bawahannya namun jangan mencaci mantan atasan anda. Jaga nama baik mantan perusahaan dimana anda pernah bekerja.
3. Komentar tentang Politik
Ini merupakan pembahasan terburuk dalam interview.
Meski pernah bekerja yang berkaitan dengan politik.
cari topik lain sekedar beramah tamah.

4. PUJI SYUKUR

Hindarkan yang berbau SARA dan perlu anda ingat bahwa pujian dan syukur kepada Tuhan memang indah namun tidak untuk ditempatkan secara berlebihan dalam suasana wawancara.

5. Ibu saya sedang sakit

Mengeluh agar mendapat belas kasihan bukan cara yang baik. Mereka tidak perduli alasan apa yang membuat anda ingin bekerja. Yang menjadi penilaian adalah sebatas apa kemampuan anda dalam menduduki posisi tersebut.
Soal penyakit juga bukan suatu yang enarik dalam pembicaraan apalagi menunjukkan kelemahan fisik. Jangan mengungkap tentang kesehatan anda kecuali si penanya meminta anda.

6. SAYA TIDAK SUKA MEMBACA DAN BELAJAR
Kalimat yang menunjukkan anda tidak akan bisa membawa kemajuan bagi perusahaan.
Meski anda memang tidak suka membaca.

7. SAYA TAKUT
Anda mungki seorang yangtakut akan sesuatu misalkan ketinggian sehingga takut naik pesawat terbang. Jangan membuka phobia anda secara berlebihan di awal wawancara. Siapa tahu anda akan ditugaskan ke suatu tempat dengan menggunakan pesawat terbang.
Setidaknya bila anda sudah diterima bisa saja anda mencari alteratif lain.

8. SAYA HANYA INGI BEKERJA DARI…SAMPAI…

Janga mengatur jadwal kerja perusahaan karena keinginn pribadi anda. Perusahaan akan melakukan pertimbangan matang untuk menerima karyawan yang waktu kerjanya terbatas.

( Dari berbagai Sumber/ Sumarni Dahlan)

——
KECANTIKAN
PERAWATAN RAMBUT INDAH ALAMI ALA “KOE”

Mempercayakan sepenuhnya kepada salon langganan anda untuk merawat rambut anda bukanlah hal yang baik. Luangkan sedikit waktu anda untuk merawat sendiri rambut agar terbebas dari bahan kimia yang dapat merusak akar rambut.

Berikut ada beberapa yang bisa anda lakukan seperti yang lazim saya lakukan sejak kecil agar rambut indah alami:

1. Untuk menghitamkan rambut gunakan biji kemiri yang sudah dibakar. Oleskan pada rambut hingga rata.
2. Untuk melembutkan rambut gunakan santan kental selama beberapa jam. Agar hasilnya lebih maksimal maka lebih baik anda gunakan pada hari libur.
3. Untuk rambut rusak dan agar tetap berkilau gunakan kuning telur ayam kampung.

4. Untuk rambut berketombe, usapkan air jeruk nipis pada kulit kepala.

5. Bubuk teh juga berguna untuk perawatan rambut. Gunakan sisa bubuk teh kemaren yang tidak dipakai lagi dan siramkan pada rambut dan biarkan sesaat. Khasiatnya agar rambut kelihatan berkilat alami.Sebaiknya teh jasmine atau melati namun teh lain juga dapat digunakan.

—–

TAMPIL INNER BEAUTY

Cantik sesuatu yang sangat diidamkan setiap wanita. Untuk mendapatkannya berbagai upaya dilakukan agar terlihat menarik dan dikagumi.
Lihat saja di berbagai pusat kecantikan, setiap hari dipenuhi oleh pelanggan yang datang dengan berbagai tujuan. Mulai dari Creambath, Spa, Masker, smoothing, rebonding, Manicure, Pedicure, mandi susu, keriting bulu mata, semuanya berpusat pada perawatan kulit, muka dan rambut tentunya.

Bahkan hampir sebagian besar wanita tidak segan-segan menghabiskan waktu dan uang hanya untuk tampil cantik dan elegant.
Dengan tidak mengurangi rasa kagum terhadap mereka yang benar-benar care akan perawatan tubuh dan wajahnya, sebenarnya ada hal yang sering terlupakan oleh kita. Karena kecantikan bukan hanya diperoleh dari merawat diri dengan menggunakan bahan-bahan kimia atau pun menjadi ketergantungan terhadap dunia salon.
Manusia sejak dilahirkan telah memiliki kecantikan yang terkadang ia sendiri tidak menyadari bahkan jarang mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.
Tampil dengan hati dan jiwa yang bersih, tulus tanpa paksaan, bersikap ramah, tidak sombong dan senyum akan membuat kita terlihat lebih cantik alami.

Selain itu, bagi seorang muslimah, mengambil wudhu juga akan membuat wajah terlihat lembut dan bersih bersinar.
Mungkin wanita yang selalu menjalankan ibadah lima waktu bisa merasakan perbedaan wajah ketika ia berwudhu dan di saat mengalami haid.
Hal ini dipengaruhi air sembahyang dimana pada hari biasa di tiap waktu yang sudah ditentukan kita akan membasuh wajah dengan air untuk menunaikan sholat lima waktu. Namun sebaliknya pada saat haid kita enggan untuk melakukannya bahkan wajah terlihat kusam.

Tampil percaya diri bisa membuat wajah terlihat cerah dan lebih segar dibanding apabila kita selalu dihinggapi rasa takut dan rendah diri.
Berusahalah untuk menjaga kebersihan tubuh dengan mandi dan mengganti pakaian secara teratur dan lakukan ini minimal dua kali dalam sehari.
Berolahragalah secara teratur setidaknya dengan berlari-lari kecil di sekitar rumah atau pun menggerakkan tubuh anda beberapa menit sehari.
Pilih makanan bervariasi dan tidak monoton agar tubuh bisa menyerap vitamin atau kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh dari makanan.

Bila anda gemar menggunakan berbagai kosmetik, lakukanlah dengan tidak berlebihan kecuali pada moment tertentu agar anda tetap terlihat cantik alami.
Pilih kosmetik yang tidak menyolok dan oleskan tipis di setiap bagian yang membutuhkan polesan. Tujuannya agar setiap orang yang memandang anda akan terkagum dengan kecantikan anda yang sekilas terlihat tanpa polesan namun fresh. Biasakan untuk menggunakan kosmetik tidak terlalu tebal karena jika anda tiba-tiba tidak menggunakannya maka wajah akan terlihat layu dan kusut.

Biasakan untuk membebaskan wajah dari segala kosmetik saat anda berada di rumah dan selain merawat diri ke salon, sempatkan untuk merawat kecantikan secara tradisional, misalnya dengan memoles madu pada bibir atau wajah agar terlihat fresh. Merawat rambut dengan menggunakan minyak kelapa, atau perawatan alami lainnya.

—–

TIPS HADAPI WAWANCARA VIA TELEPON

Tidak selamanya intervew kerja dilakukan face to face. Adakalanya interview dilakukan by phone atau melalui telepon dengan berbagai alasan misalnya jarak antara si calon pekerja yang menghabiskan banyak biaya untuk interview langsung. Apalagi tingkat kelulusan pun belum terjamin.

Ada beberapa hal yang mugkin perlu diperhatikan oleh si calon pekerja dalam menjawab setiap pertanyaan dari perusahaan:

1.SOPAN
Hal yang paling utama karena meski tidak bertatap muka namun berbicara dengan sopan merupakan nilai tambah bagi anda.
Interviewer juga biasanya akan melakukan penilaian seberapa baik tingkat keramahan dan etika dalam berbicara anda.

2. TETAP TERSENYUM
Meski si penanya tidak melihat anda denga jelas namun sebuah senyuman akan menciptakan nada suara yang santai, menyenangkan dan positif.
Ada baiknya anda berdiri dalam menjawab setiap pertanyaan arena sikap tersebut akan membuat anda menjadi lebih percaya diri.

3. SUASANA TENANG
Sebelum anda diwawancarai, pastikan suasana di sekitar dalam keadaan tenang.
Matikan pesawat televisi dan alat lainnya yang menimbulkan suara berisik dan pilih ruang yang tidak membuatanda jadi terganggu.

Degarkan baik-baik apa yang disampaikan si penelpon atai interviewer. Jangan memoton pembicaraanatau melontarkan desahan atau tanggapan yang tidak enak didengar.

4. SIAPKAN CATATAN

Siapkan kertas dan pulpen serta beberapa peralatan lainnya yag menurut anda sangat membantu dalam memberikan jawaban.
Catatlah apa-apa yang perlu anda catat.

5. SIAP MENJAWAB
Selain mencatat, anda juga harus siap untuk menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan tanpa keraguan sedikitpun.
Persiapkan CV anda agar sewaktu-waktu anda bisa melihat misalkan tahun dan bulan anda bekerja atau penghargaan dan training apa saja yang pernah anda terima sebelumnya.

Anda juga harus menjaga intonasi dan kalimat yang anda ucapkan.
Jawablah dengan penuh pasti dan percaya diri. Bicara yang jelas dan tidak terburu-buru.
Atur nafas agar suara tetap stabil meski anda agak sedikit nervous.
Jika anda butuh waktu sedikit untuk menjawab, maka jangan takut untuk memintanya.

6. SENTUH HATINYA

Agar suasana antara anda dan interviewer tidak kaku maka bangunlah komunikasi yang baik. Misalnya anda bisa saja menanyakan tentang hal menyangkut posisi tersebut atau apa saja yang positif tentang perusahaan itu.

Upayakan agar komunikasi antara anda dengan si penanya membuat ia tertarik namun janga terlalu over.

7. TERBUKA
Mintalah kesempatan untuk bertanya hal-hal yang kurang jelas setelah wawancara selesai.
Jangan takut untuk bertanya kelanjutan dari hasil wawancara ada tersebut.

Berterimakasihlah pada si penanya dan ungkapkan harapan anda dari hasil interview tersebut.
(kpl-marni)
—–
MENGHILANGKAN BULU KAKI

Usahakanlah kaki perempuan agar tetap mulus dan terawat bersih, namun jika ternyata anda mempunyai bulu kaki maka resep dibawah ini akan menghilangkan selamanya bulu kaki anda, namun anda harus teratur memakainya.

Berikut caranya: Tumbuk sedikit merica, kapur barus dan beberapa tetes minyak tanah, kemudian campur hingga rata ramuan tersebut. Kumudian usapkan ramuan tadi dikaki yang ditumbuhi bulu, dengan sendirinya bulu-bulu tersebut akan rontok sendiri.

—-

2 thoughts on “TIPS

  1. Waw….
    Saya sangat senang atas informasi informasi yang telah di berikan diatas.
    Tapi yang saya herankan, mengapa penyiar2 seperti kak Anggi, bung Dedi, itu tdk dimuat foto2 mereka di blog ini ya?
    Sekian dan terima kasih..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s